Sabtu, 12 Januari 2013

Pengertian hukum menurut para ahli

Ilmu hukum adalah suatu ilmu yang cakupan pembahasannya luas sekali, hingga sulit bagi kita untuk menentukan batasan dari ilmu yang dipelajari oleh hukum. Begitupun para ahli, banyak para ahli menuangkan ide dan pemikirannya mengenai pengertian hukum, dan tentulah mereka mempunyai pandangan yang berbeda beda dalam mengartikan hukum. Hal itu sesuai dengan keadaan sosial yang mereka alami, dan juga pandangan , serta pemahaman mereka akan hukum. Berikut ini adalah pengertian dari hukum yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya :
a. Plato, hukum adalah sistem peraturan yang teratur dan tersusun dengan baik, serta mengikat masyarakat.
b. Aristoteles, hukum menduduki posisi ganda, yakni sebagai seperangkat aturan dan juga hakim. Undang undang berfungsi untuk mengawasi hakim dalam melaksanakan tugasnya mengadili orang orang yang bersalah.
c. Austin, hukum adalah peraturan yang diadakan untuk memberi bimbingan kepada makhluk yang berakal oleh makhluk yang berakal dan berkuasa atasnya.
d. Hugo de Groot, hukum adalah peraturan tentang tindakan moral yang menjamin keadilan pada peraturan hukum tentang kemerdekaan
e. Bellfoid, hukum adalah sesuatu yang berlaku di masyarakat yang mengatur tata tertib masyarakat didasarkan atas kekuasaan yang ada di dalam masyarakat tersebut.
f. Duguit, hukum adalah aturan yang diindahkan oleh masyarakat pada saat tertentu sebagai jaminan dari kepentingan bersama .
g. Roscoe Pound, hukum adalah sarana rekayasa sosial yang mengatur hubungan individu satu dengan individu lainnya.
h. Immanuel Kant, hukum adalah keseluruhan syarat dari kehendak satu orang yang dapat menyesuaikan kehendak bebas dari orang lain, yang menyangkut tentang kemerdekaan.
i. Van Kant, hukum adalah sekumpulan peraturan yang bersifat memaksa yang diadakan untuk mengatur dan melindungi kepentingan masing masing orang di dalam kehidupannya di masyarakat.
j. Holmes, hukum adalah apa yang dikerjakan dan diputuskan oleh pengadilan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar